Demo Blog

Hacking?

by Fauzan on Nov.22, 2009, under

Sori, ini bukan artikel tentang doing something bad to other people. kalo kalian udah terlanjur masuk dan ga pengen kecewa karena judul diatas, ok, kita bakal bicara tentang hacking. tapi, a bit deeper in philosophy (what?)

Banyak orang yang mengenal hacking hanya sebatas bidang telekomunikasi dan informasi/TI. hacking someone's account, hacking password situs pemerintahan, hacking ini, hacking itu. semua karena kita mengenal sesuatu hanya dari apa yang kita tahu. in the other hand, APA YANG SEHARUSNYA TIDAK KITA KETAHUI ternyata lebih menarik dari APA YANG MEMANG (DI)HARUSKAN UNTUK KITA KETAHUI.

OK, before we talk about hacking (again). let me ask you a simple question. apa beda komputer dengan manusia?
jawaban kalian mngkin:
1. komputer benda mati, manusia benda hidup (anak SD juga tau sob)
2. Komputer digunakan, sedangkan manusia menggunakan (pernah denger istilah USER kan?)
3. komputer mengingat dan menyimpan, begitu juga manusia; meskipun manusia mempunyai probabilitas tinggi untuk melupakan sesuatu
4. komputer pake prosesor, manusia make otak a.k.a brain.
5. yang paling penting, komputer itu statis, manusia itu dinamis (Really?)

Dalam hackin kan ada intilah Crack(ing) and patch(ing) tuh, dan berpegang pada jawaban nomer 5 diatas, manusia juga dapat mengalami hal yang sama.(don't mind if you a bit confuse right now, just let it flow)
kalo dalam proses cracking, hacker (aku mulai ga suka dengan kata 'hacker' ini) mencoba menjabarkan keterikatan suatu sistem dan mencari dimana letak landasan penyusun sistem (sub-sistem) yang SEDIKIT tidak terikat/Crack dan menggantikannya dengan sub-sistem yang baru/paching.
pernah denger istilah patching file .exe di C:\program file dengan mengganti paksa file program yang lama dengan program yang baru dengan nama yang sama dan berharap registry mengenali file baru tadi sebagai program sebenarnya dan menjalankannya sebagaimana mestinya.. yup, simple patching.

Pikiran manusia juga BISA mngalami proses PATCHING. Really????

hayooo, sadar ga kenapa di artikel ini lumayan banyak kata tanya? apa hubungannya dengan jawaban no. 5 dari pertanyaan "apa beda komputer dengan manusia" diatas? lalu apa hubungannya dengan Patching?

First of all, human mind itu dinamis. saat aku mengatakan KEYBOARD&MOUSE, yang ada dipikiran kalian pasti 1 perangkat komputer lengkap dengan keyboard dan mouse nya. saat aku mengatakan SEDANG MENGETIK LAPORAN DI KOMPUTER, yang terpikirkan oleh kalian pasti seorang iky sedang duduk mengetik didepan komputer menggunakan sebuah software pengolah kata dan mungkin meletakkan jarinya didekat keyboard. meaning, pikiran kalian dinamis. bisa ga kalian tidak membayangkan "sarana transportasi berukuran besar dengan banyak kursi didalamnya baru saja lewat didepan mata" saat aku mengatakan "jangan membayangkan sebuah bus penuh dengan penumpang meliantas didepan kamu"? ga bisa? kenapa? tanpa disadari pikiran dinamis kalian yang memberikan gambaran tersebut. saat aku menanyakan satu pertanyaan simpel, kalian mungkin mengesampingkannya. saat pertanyaan kedua(yang mungkin sama simpelnya) diajukan, sadar atau tidak pikiran kalian mulai memberikan gambaran ada crack yang sudah seharusnya diperhatikan dari pertanyaan tadi. kalian pun mengproses pertanyaan tadi bahkan tanpa diperintah secara implisit atau ekplisit. lagi-lagi ini karena apa? karena pikiran kita dinamis.

Sekarang apa yang mungkin terjadi jika aku menjabarkan korelasi pemikiran-pemikiran awal(sub-sistem) dari sistem yang membangun cara berpikir seseorang, kemudian menemukan satu pemikiran yang TIDAK terlalu terKORELASI (CRACK), dan menanamkan pemikiran baru (patch) dengan acuan "manusia itu dinamis, kita hanya perlu menanamkan satu ide, biarkan orang lain yang menanggapinya, dan mereka akan membangun ide-ide lain dari apa yang kita tanamkan"? Who knows? apakah aku sudah bisa disebut sebagai hacker? (honestly, I'm not a HACKER)

2 comments more...

2 comments

Post a Comment

Pengen baca artikel lain di blog ini?

Pake aja Search dibawah ini:

Kalo artikel yang kamu cari ga ada? tinggalin aja komentar disalah satu artikel. komentar kamu bakal jadi referensi buat artikel yang baru nantinya

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget