Demo Blog

Sudah mulai bosan maen GAME

by Fauzan on Nov.22, 2009, under

July 3, 2011. 11.05 AM

4 tahun yang lalu, maen game (ngegame) buat aku itu sudah jadi kegiatan rutin. Bangun tidur, bukannya beres2 kamar, aku malah nyalain Playstation. serasa lebih berwarna setelah adanya 'alat ajaib penghilang bosan' bernama Playstation( thanks kalo udah ada PS1, PS2, dan sekarang PS3!) Gameboy, Game PC, bahkan Game Online. Tapi sekarang? Ok. Mungkin terdengar sok dewasa atau merendahkan. Tapi yang jelas mainan2 diatas tadi udah ga terlalu menarik buatku.

dilihat dari sudut pandang menariknya game tersebut, ok lah, game tersebut menyenangkan. Tapi apa? Itu semua cuman rangkaian kode binary yang disusun sedemikian rupa, dipermanis dengan tampilan grafis luar biasa, suara yang sudah 5.1 surround (dan tentunya semua ini perlu budget yang luar biasa pula) untuk dimaenkan…. Menarik? Pastinya…Lalu apa yang membuat game itu tidak menarik?

"saat kamu udah tau letak struktur game yang kamu mainkan, kamu akan bosan memainkannya"

Mungkin ada diantara kalian yang pernah mengganti 'musik pengiring' waktu maen game online (just like ngeganti battle theme.mp3 dengan Ghost of you.mp3 biar waku maen RF, music nya MCR yang mengiringi pembantaian kaum Bellato). Kalo musik sebuah game aja bisa dimanipulasi, bukan ga mungkin semua perangkat (baik itu item, level, ranking, plot dam semua bagian dari game tersebut) juga bisa diganti. Kalo kalian maen game offline, semuanya ada ko di system komputer kamu (di drive :C). kalo kalian main game online, semua tadi terletak di server penyedia game yang kamu mainkan. Kalo struktur game yang kamu mainkan SEMUANYA ada di satu tempat, meaning, seberapa pun canggihnya game yang kamu mainkan, kamu HANYA memainkan sesuatu yang udah lebih diatur (sedemikian rupa) dari awal hingga akhir. Seperti memainkan game sederhana Minesweeper yang tampilan ranjaunya udah di appear lebih dahulu.

Contoh lain seperti memainkan PS2 dikombinasi ma GAMESHARK. Terlihat keren saat kalian dapat HP 99999 dan ga bisa mati kena tembak di game GTA. Keren? Ok. Keren. Tapi kalian tau apa fungsi GAMESHARK tadi? Menurut kalian GAMESHARK menambahkan nilai binary pada PS2 biar kalian bisa menang terus?

BUKAN… GAMESHARK cuma mengisi RAM PS2 dan mengubah attribute file tertentu (value dari HP, MP, DF dan variable lainya) agar bisa di edit. GAMESHARK ternyata cuma memBUKA atau mengurangi nilai batasan game. Contohnya nilai dari "unlimited health" yang tadinya 0 menjadi 1 (sehingga "unlimited health" bernilai TRUE ). Ini semua membuktikan semua hal hal yang luar biasa seperti unlimited ammo, max HP, max MP, dll sebenarnya sudah ada dan menjadi bagian dari game itu sendiri.
Lalu apa menariknya? Kita seperti memainkan HALO dengan SELURUH alur cerita dibawah keyboard yang sedang kita tekan. Kita memainkan sesuatu. Kita menikmatinya. Kita menghabiskan waktu untuknya. Tapi kita kadang lupa. Semuanya sudah disusun dan diatur. Kita hanya menjalankan kode binary yang sudah lebih dahulu disusun lengkap dengan ending super dramatisnya. Dari awal kita sudah memiliki 100% hasil dari game tersebut. Hanya saja game menutupi dan menampilkan hanya 30% dari isi kodenya…

"SEMUAnya sudah tersusun, kalian hanya MEMAINKANNYA, karena itu rangkaian kode tersebut dinamai GAME"

0 comments more...

0 comments

Post a Comment

Pengen baca artikel lain di blog ini?

Pake aja Search dibawah ini:

Kalo artikel yang kamu cari ga ada? tinggalin aja komentar disalah satu artikel. komentar kamu bakal jadi referensi buat artikel yang baru nantinya

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget